Rabu, 29 April 2015

Tugas 1 Softskill : Tanggung Jawab

Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah, keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah kewajiban menanggung, memikul jawab, menaggung segala sesuatunya, ataumemberikan jawab dan menaggung akibat.

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudankesadaran dan kewajibannya. Seorang mahasiswa mempunyai kewajiban belajar. Bila belajar, maka hal itu berarti ia telah memenuhi kewajibannya. Berarti ia telah bertanggung jawab atas kewajibannya. Sudah tentu bagaimana kegiatan belajar si mahasiswa, itulah kadar pertanggung jawabannya. Bila padaujian ia mendapat nilai A,B, atau C itulah kadar pertanggung jawabannya.

Tanggung jawab terbagi dalam 4 macam yaitu :
Ø  Tanggung jawab kepada diri sendiri, merupakan tanggung jawab atas perbuatan, tingkah laku serta tindakannya sendiri.
Ø  Tanggung jawab kepada keluarga, atas keselamatan dan kesejahteraan serta kelestarian rumah tangganya, dan dapat hidup dengan sebaik-baiknya dengan memenuhi segenap kebutuhan.
Ø  Tanggung jawab kepada manusia dan masyarakat Bangsa dan Negara demi pergaulan hidup serta mempertahankan nama baik terhadap lingkungannya, negaranya.
Ø  Tanggung jawab kepada tuhannya, melalui taqwa kepadaNya, juga dengan keyakinan, disampingnya atas ridho Tuhan Yang Maha Esa Pengasih dan Penyayang.

1.   Tanggung Jawab terhadap Diri Sendiri
Dalam hal ini menurut saya dengan menjaga kesehatan merupakan suatu tanggung jawab terhadap diri sendiri seperti contohnya adalah seperti tidak merokok, memakai obat-obatan terlarang, dan sebagainya. Tidak membuat diri sendiri malu juga merupakan tanggung jawab untuk pribadi. Pepatah mengatakan “siapa yang menabur dia yang menuai yang berarti jika kita memberikan keburukan, maka kita sendiri yang akan mendapatkan keburukan tersebut. Jika kita memberikan kebaikan, maka kita sendiri juga yang akan mendapatkan kebaikan kita sendiri. Siapa yang berbuat, dia harus berani bertanggung jawab.

2.  Tanggung Jawab kepada Keluarga
        Tanggung jawab kepada keluarga sebagai anak saya selalu hormat kepada orang tua saya, terutama ibu saya. Hanya ia satu-satunya orang tua saya yang merawat saya dari kecil hingga saat ini. Ibu dan ayah saya sudah lama berpisah sejak saya berumur 3 tahun. Alhamdulillah, saat ini saya sudah bisa bekerja sambil kuliah. Suatu kebanggaan tersendiri saat saya sudah bias menafkahi ibu saya sendiri menggunakan hasil kerja keras sendiri.

3.  Tanggung Jawab kepada Masyarakat dan Bangsa
        Saya pribadi sebagai warga negara Indonesia, tanggung jawab saya adalah mengharumkan nama Indonesia dalam era globalisasi. Salah satu contohnya saat SMA saya pernah mengikuti olimpiade astronomi nasional. Walaupun saya tidak lolos, setidaknya saya pernah mengharumkan nama Indonesia walaupun masih didalam negeri. Pribadi saya sebagai masyarakat yang bertempat tinggal di lingkungan saya, bertanggung jawab sebagai pemeliharaan kebersihan di lingkungan saya tinggal. Salah satu contohnya saya pernah mengikuti kegiatan kerja bakti bersama dengan keluarga dan masyarakat yang lain.
  
4.  Tanggung Jawab kepada Tuhan
Tanggung jawab saya pribadi sebagai penganut agama islam adalah mengerjakan ibadah shalat 5 waktu, membaca Al-Quran, dan juga mengerjakan puasa wajib. Selama ini saya sebagai manusia tidak luput dari kemalasan dan kekurangan. Dalam ibadah shalat saya masih kurang rajin dalam mengerjakannya. Untuk membaca Al-Quran juga sama. Saya tidak terlalu sering membaca Al-Quran tetapi Alhamdulillah saya masih bias membaca Al-Quran. Dalam hal puasa saya sering melakukannya. Saya terbiasa untuk melakukan ibadah puasa Sunnah dan puasa wajib Ramadhan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar